Define Our Purpose of Life Earlier

Aigiva, 1 Tahun 10 Bulan

Lingkungan

Umumnya di masa-masa SD SMP SMA, lingkungan yang menjadi pengaruh paling dominan untuk kita adalah lingkungan keluarga. Karena secara umum anak akan cenderung mendengarkan dan mengikuti perintah orang tua. Kata perintah dikalimat sebelumnya saya cetak tebal karena sering kali orang tua hanya memberikan perintah, tanpa dikasih tahu alasan dibalik perintah tersebut. Atau sebenarnya sudah dikasih tahu, tapi orang tua tidak sadar atau bisa jadi tidak mau tau apakah anak sudah benar-benar memahami why nya atau belum. Menurut saya penting untuk orang tua sering-sering mengajak diskusi anak terkait masa depan, itu akan membantu anak lebih cepat menemukan purpose nya. Selain itu penting juga untuk orang tua sering-sering bercerita value value positif yang tetap harus dipegang si anak, itu akan membantu membentengi anak dalam perjalanan untuk mencapai purpose tersebut.

Wawasan

Memiliki wawasan yang luas, itu akan lebih mempermudah kita untuk menemukan tujuan hidup kita. Yang saya maksud memiliki wawasan luas dalam kontek ini adalah memiki banyak konten bacaan. Terutama soal biografi atau bacaan bacaan yang bercerita tentang kisah sukses seseorang. Setiap orang yang berhasil, biasanya punya pengalaman berharga, kadang dia juga cerita soal perjalanan suksesnya dia maupun kisah gagalnya dia dimasa sebelumnya. Saya pribadi merekomendasikan bacaan dalam bentuk buku, berbeda dengan artikel, buku biasanya memiliki kesatuan konten yang utuh. Tidak sepotong-sepotong. Kita bisa mulai membaca buku dari biografi tokoh yang kita sukai. Bagi yang belum terbiasa membaca buku, mulailah dengan membaca buku yang tidak terlalu tebal (<150 halaman). Jika kamu kurang menguasai bahasa inggris pilihlah buku yang memang ditulis oleh penulis lokal, bukan buku terjemahan, kecuali kalau kamu yakin buku terjemahan yang kamu baca telah diterjemahkan dengan baik. Membaca buku yang bercerita tentang perjalanan sukses seseorang, membuat kita lebih mudah mencari role model. Jika kita sudah memiliki beberapa role model, biasanya kita akan jauh lebih mudah menentukan purpose of life versi kita sendiri.

Momentum

Kebetulan saya tidak punya banyak cerita terkait ini. Namun saya sering kali mendengar beberapa cerita dimana purpose of life nya seseorang terdorong muncul lebih cepat karena ada momentum tertentu.

--

--

Startup Ecosystem Player | CEO PT. Jendela Digital Indonesia | Director at ABP Incubator | Regional Head at UMG Idealab (C.V.Capital) | donni.official@gmail.com

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Donni Prabowo

Donni Prabowo

Startup Ecosystem Player | CEO PT. Jendela Digital Indonesia | Director at ABP Incubator | Regional Head at UMG Idealab (C.V.Capital) | donni.official@gmail.com