Bersyukur. Satu kata yang bisa saya ungkapkan saat ini untuk mewakili perasaan saya dapat berkesempatan menjadi keluarga besar Alumni AMIKOM. Sekitar 14 tahun lalu, saat lulus SMA sama sekali tak terbayang bakal kuliah di Universitas AMIKOM. AMIKOM tidak tersebut di doa-doa saya, namun tampaknya Tuhan menjawab doa saya dengan cara lain, Tuhan memberikan apa yang saya butuhkan, bukan apa yang saya inginkan. Dan akhirnya saya ditakdirkan masuk AMIKOM pada tahun 2008.

Saya bukanlah anak yang terlahir jenius yang memiliki banyak prestasi ketika sekolah, bahkan bisa dibilang cenderung “bodoh” di masa-masa SMP dan SMA. Seinget saya, saya pernah mendapatkan ranking 36…


Masih seputar topik yang sama dengan tulisan saya sebelumnya, yaitu bercerita soal startup startup di lingkungan Inkubator Amikom. Kali ini saya akan sedikit bercerita terkait Taxi Drone Frogs.

Uji Coba Frogs di Lanud Gading

Mungkin anda sudah cukup familiar dengan alat transportasi udara seperti pesawat maupun helicopter. Namun startup asal Jogja bernama Frogs ini mengusung konsep yang berbeda, Drone yang saat ini umumnya digunakan untuk alat survey dan photography mereka kembangkan menjadi sebuah drone penumpang yang ditujukan untuk mengatasi masalah transportasi dimasa depan.

Cikal bakal Frogs sendiri lahir di Ruang Meeting Inkubator Amikom Business Park pada awal tahun 2017. Saat itu ada seorang Angel Investor yang…


Beberapa saat yang lalu saat saya sedang berdiskusi dengan tim pengelola inkubator Amikom terkait perkembangan startup-startup yang kami bina. Muncul suatu topik diskusi yang endingnya adalah komitmen berbagi cerita terkait startup yang kami dampingi, awalnya hanya ditujukan untuk mengisi konten design website yang baru. Namun saya pikir, sekalian aja ditulis di media Medium.

Perkembangan startup dalam sebuah negara atau wilayah biasanya dimulai dari berkembangan startup-startup dibidang media, lalu dilanjutkan ke startup di bidang ecommerce baru dilanjutkan dibidang lainnya.

Di Indonesia sendiri, setelah era E-commerce dan OTA (Online Travel Agent). Era on demand services dan fintech mulai bermunculan. Banyak startup yang…


Seorang motivator terkenal bernama Jim Rohn (Mentor dari Anthony Robbins) berkata “You are the average of the five people you spend the most time with”.

Saya bersama 24 penerima Australia Award Scholarship lainnya. (Sydney, 2018)

Apa yang diungkapkan oleh Jim Rohn pada kalimat pembuka pada artikel ini menggambarkan betapa besarnya pengaruh lingkungan dalam menentukan keberhasilan seseorang mencapai tujuan hidupnya. Kualitas diri kita merupakan hasil dari nilai rata-rata kualitas 5 orang terdekat kita.

Dalam ajaran Agama Islam juga ada hadist yang mengatakan bahwa “Barang siapa menyerupai suatu kaum maka ia termasuk bagian dari mereka”. Yang pointnya juga sama, mengingatkan kita akan besarnya pengaruh lingkungan.

John C. Maxwell dalam bukunya yang berjudul…


Purpose of Life, seingat saya istilah Purpose of Life ini pertama kali saya dengar dari Bro Yasa Paramita Singgih, pendiri Men’s Republic. Saya kenal dia pada awal tahun 2016, pada saat sama-sama jadi Finalist Wirausaha Muda Mandiri 2015.

Aigiva, 1 Tahun 10 Bulan

Saya mendapatkan ide menulis ini saat kemarin nemenin anak saya main dan tiba tiba muncul pertanyaan dipikiran saya

Kira-kira apa kontribusi yang bisa saya lakukan agar anak ini kelak akan menjadi anak yang lebih hebat dan lebih bermanfaat dibanding Ayahnya?

Saya harap, anak saya tidak perlu mengulangi kesalahan-kesalahan yang pernah saya lakukan. Salah satunya adalah terlambat start. Jujur saja saya baru mulai…


Sukses. Kata yang sering kita dengar. Setiap orang mungkin punya pandangan yang berbeda dalam menyikapi arti kata Sukses.

Namun, bagi kebanyakan orang mungkin arti kata sukses itu adalah sukses secara financial dan karir. Pernah suatu ketika, saat saya mengisi sharing suatu acara, MC nya memperkenalkan saya sebagai orang yang sudah sukses, padahal jujur saya sendiri masih merasa belum sukses. Pernah juga saat ngobrol dengan teman lama, dibilang sukses karena sudah punya kendaraan dan punya rumah. Bagi saya sendiri atau bagi orang yang jauh lebih hebat dari saya, tentu saja saya mah masih bagaikan butiran debu. Tapi mungkin bagi orang tertentu…


Di artikel sebelumnya, Masa depan suram, Salah siapa? sebenarnya saya ingin bercerita soal goal. Dimana untuk kita bisa mencapai suatu tujuan, hal yang wajib harus ada adalah tujuan itu sendiri. Jika kita tidak punya tujuan, kita pasti akan sulit menentukan arah. Di artikel sebelumnya saya ilustrasikan dengan sebuah puzzle, dimana 2 orang diminta untuk menyusun puzzle yang komplek. Orang yang pertama dikasih tau dulu hasil akhir puzzlenya akan membentuk gambar apa, dan satu orang lainnya tanpa dikasih tau terlebih dahulu. Umumnya, yang sudah bisa membayangkan dan tau hasil akhir puzzlenya seperti apa relatif lebih cepat menyelesaikan puzzle tersebut. …


Saya yakin setiap orang pasti menginginkan masa depan yang cerah, berkecukupan, punya banyak waktu untuk keluarga, punya cukup uang dan bahagia dunia akhirat. Tapi ternyata tidak setiap orang bisa beruntung mencapai titik itu, kadang keinginan tidak sesuai dengan realita.

Pada tulisan ini saya ingin mengajak kita berfikir sejenak, mengapa banyak orang tidak bisa mencapai masa depan yang cerah dan berkecukupan. Tahukah kamu bahwa setengah kekayaan di dunia ini ternyata hanya dikuasai oleh 1% orang (orang orang yang sangat kaya). Coba pikir mengapa bisa seperti itu?

Dan seandainya semua total uang di dunia ini dibagi rata keseluruh populasi yang ada di…


Dalam 5 tahun terakhir, ecosystem industri digital berkembang dengan sangat pesat di beberapa kota besar di Indonesia.

Salah satu indikator berkembangnya ecosystem digital di suatu daerah ditandai dengan banyaknya kegiatan yang lahir dari komunitas-komunitas penggiat industri digital. Banyaknya coworking space serta inkubator bisnis juga merupakan daya ungkit untuk mewadahi event-event komunitas agar bisa tumbuh secara subur.

Inkubator ABP merupakan salah satu inkubator yang sedang mencoba untuk berkontribusi menumbuhkan ecosystem startup di Yogyakarta. Inkubator ini sebenarnya sudah berdiri dari tahun 2013. Pada awalnya inkubator ABP di inisiasi dari kerja sama antara Universitas Amikom dan Kementrian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) dengan nama…


http://www.pqs.pe/sites/default/files/2017/07/actualidad/pqs-startup-caracteristicas.jpg

Beberapa tahun terakhir ini, di Indonesia baru booming tentang startup digital. Melihat keberhasilan Gojek, Tokopedia, Traveloka, Bukalapak yang menjadi deretan startup dengan valuasi lebih dari 13 Triliun Rupiah mungkin membuat banyak orang mulai ingin menjadi the next Nadiem Makarim, the next William Tanuwijaya, atau mungkin ingin menjadi the next Achmad Zaky. Tak terkecuali deretan mahasiswa jurusan informatika.

Beriringan dengan semakin banyaknya program yang mendorong pertumbuhan startup digital, semakin banyak pula mahasiswa yang merasa bahwa idenya akan menjadi the next Gojek dimasa yang akan datang. …

Donni Prabowo

Startup Ecosystem Player | CEO PT. Jendela Digital Indonesia | Director at ABP Incubator | Regional Head at UMG Idealab (C.V.Capital) | donni.official@gmail.com

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store